Laman

Jumat, 08 Oktober 2010

EKONOMI KOPERASI DUNIA&PENGARUHNYA TERHADAP LOWONGAN PEKERJAAN GLOBAL

Ekonomi Koperasi kini dapat dijadikan sebagai alternative solusi penyedia lowongan kerja global. Memang benar koperasi Indonesia telah mengalami kapitalisasi. Ini dibuktikan dengan sumbangsih pembukaan lowongan pekerjaan oleh koperasi dengan usaha kecil saja koperasi Indonesia jauh dibawah, tetapi hal sebaliknya justru terjadi pada koperasi internasional. Disetiap Negara mempunyai sekalasi yang berbeda apakah koperasi memberikan begitu besar lowongan pekerjaan untuk masyarakat dunia. Dilihat dari data global yang dipasarkan ICA, koperasi menyediakan lowongan yang sangat besar. Koperasi sangat berpengaruh terhadap ekonomi global dan memberikan lowongan pekerjaan yang besar juga terhadap koperasi internasional. Ini ditunjukan dengan adanya :
1. Koperasi menyediakan lebih dari 100 juta pekerjaan di seluruh dunia lebih dari 20% perusahaan multinasional.
2. Di Argentina, koperasi menyediakan tenaga kerja langsung lebih dari 233.000 individu.(source:Institute Nasional de Asociativismo v Ekonomia social (INAES). September 2007)
3. Di Kanada, koperasi kredit (Koperasi Simpan Pinjam) dan serikat pekerja memperkerjakan 155.000 orang. Gerakan Desiardins (tabungan dan kredit koperasi) adalah perusahaan terbesar di provinsi Ouebec.
4. Di Kolombia, yang gerakan koperasi menyediakan 111.951 lowongan pekerjaan langsung dan lowongan pekerjaan tambahan sekitar 500.450 pekerjaan sebagai pemilik pekerja-pekerja di koperasi- koperasi menyediakan 3,49% dari semua lowongan pekerjaan di Negara tersebut. 22,41% Dri lowongan pekerjaan di sektor kesehatan, 18% dari lowongan pekerjaan di sektor transportasi, 13% lowongan pekerjaan di sektor industry, 11% lowongan pekerjaan di sektor keuangan, 8,31% lowongan pekerjaan di sektor pertanian dan 7,21% pada keuangan sektor. (source:CONFECOOP.sector Cooperativo Colombiano 2007)
5. Di Prancis, 21.000 koperasi menyediakan lebih dari 4 juta lowongan pekerjaan.(Source: GNC Newsletter,No 348,June 2007)
6. Di Jerman, 8106 kopererasi menyediakan lowongan pekerjaan bagi 440.000 orang.
7. Di Indonesia, koperasi menyediakan lowongan pekerjaan untuk 288.589 individu.(Source:Ministry of Co-operative & SMEs,Indoneesia,2004)(Sumber: Kementrian Koperasi & UKM, Indonesia, 2004)
8. Di Italia, 70.400 koperasi memberikan lowongan kerja hampir 1juta orang pada tahun 2005.(Source:Camere di Commercio di italia,”Second rapport sulle imperese koperasi”)
9. Di Kenya, 250.000 orang bekerja dengan koperasi.
10. Dalam Slovakia, yang koperasi union mewakili lebih 700 koperasi yang memperkerjakan hampir 75.000orang.
Dari data di atas yang dicuplik dari kumpulblogger.com, kita tahu bagaimana ekonomi koperasi begitu besar menyumbangkan peluang kepada calon pekerja untuk bekerja. Pandai-pandailah untuk peka terhadap kesempatan sekecil munkin. Dapat dikategorikan kalau ekonomi koperasi juga salah satu cara mengurangi pengangguran. Pandai-pandailah dalam membuka peluang. Usaha itulah yang terpenting. Ekonomi koperasi telah banyak dibuktikan oleh berbagai Negara bahwa sangat menolong pencegahan pengangguran, dengan terbuktinya tersedianya lowongan pekerjaan dalam sekala besar disetiap Negara-negaranya. Semogabermanfaat dan membuat kita semua lebih bersemangat untuk memaximalkan ekonomi koperasi itu sendiri.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar