Laman

Kamis, 31 Maret 2011

ILMU EKONOMI DAN EKONOMI MAKRO

ILMU EKONOMI DAN EKONOMI MAKRO
Ilmu ekonomi adalah suatu ilmu yang mempelajari tingkah laku manusia dalam menggunakan dan memanfaatkan sumber alam yang ada dimana untuk memenuhi kebutuhannya.
            Kenapa sih ilmu ekonomi dipelajari? Hal ini dikarenakan oleh beberapa hal misalnya kebutuhan manusia yang sangat tidak terbatas. Kemudian alat pemua kebutuhan yang juga terbatas. Selain itu sumber sumber alam yang ada tidak semuanya dapat langsung digunakan.
Ekonomi makro sebagai salah satu cabang ilmu ekonomi dimana yang mengkhususkan mempelajari mekanisme bekerjanya perekonomian sebagai keseluruhan -> ( variabel ekonomi agregatif ). Variabel ekonomi agregatif yang dibahas dalam ekonomi  makro diantaranya adalah :
1.       Tingkat pendapatan nasional
2.      Tingkat kesempatan kerja
3.      Pengeluaran konsumsi rumah tangga
4.     Saving
5.      Investasi nasional
6.     Jumlah uang yang beredar
7.      Tingkat bunga
8.      Neraca pembayaran internasional
9.     Stok kapital nasional
10.  Hutang pemerintah
Ekonomi makro sangat berkaitan dengan permasalahan kebijaksanaan tertentu, yaitu kebijaksanaan makro. Kebijaksanaan makro meliputi dua pokok permasalahan yaitu masalah jangka pendek dan masalah jangka panjang. Malah jangka pendek ( stabilisasi ) berkaitan dengan bagaimana "menyetir" perekonomian nasional agar terhindar dari penyakit makro. Penyakit makro itu adalah inflasi, pengangguran dan ketimpangan dalam neraca pembayaran.
            Sedangkan masalah jangka panjang ( kaitannya dengan pembangunan ) yaitu berkaitan dengan bagaiman “menyetir” perekonomian nasional agar ada keserasian antara pertumbuhan penduduk, pertamabahan kapasitas produksi dan tersedianya dana untuk investasi.
            Dalam analisa jangka pendek faktor-faktor seperti kapasitas total perekonomian, jumlah penduduk dan jumlah angkatan kerja, serta lembaga-lembaga sosial,politik dan ekonomi yang ada biasanya kita angap tidak berubah atau tidak bisa kita ubah.
            Kemudaian aspek utama dari analisa makro adalah aspek mengenai “apa” yang disebut kegiatan ekonomi makro dan “dimana” kegiatan tersebut dilakukan selain itu adalah aspek mengenai “siapa” pelaku-pelakunya dari kegiatan kegiatan ekonomi makro tersebut.
            Kebijakan ekonomi makro atau keadaan perekonomian yang di idam-idamkan bertujuan untuk meningkatkan kesempatan kerja atau tingakt employment ( mencapai tingkat tinggi ), peningkatan kapasitas produksii nasional yang tinggi, keadaan perekonomian yang tinggi, neaca pembayaran luar negeri yang seimbang, serta distribusi pendapatan yang lebih merata.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar